FULL OUTER JOIN - SQL JOIN

 


SQL JOIN ( FULL OUTER JOIN )

Full outer join adalah jenis join pada SQL yang menghasilkan semua baris dari kedua tabel yang di-join, termasuk baris yang tidak memiliki pasangan di tabel lain. Jika tidak ada pasangan baris pada salah satu tabel, maka nilai kolom di tabel tersebut akan diisi dengan NULL.

Contoh:

Misalkan kita memiliki dua tabel, yaitu "customers" dan "orders". Kita ingin menggabungkan kedua tabel ini berdasarkan customer_id, dan ingin menyertakan semua data dari kedua tabel.

Tabel customers:


Tabel Order:


Maka, SQL statement untuk full outer join akan seperti ini:


Maka Hasil Output nya akan Seperti ini :


Dalam contoh di atas, kita menggunakan FULL OUTER JOIN untuk menggabungkan tabel "customers" dan "orders" berdasarkan kolom "customer_id". Hasil join akan mengembalikan semua baris dari kedua tabel, bahkan jika tidak ada pasangan baris di salah satu tabel. Dalam contoh ini, baris dengan customer_id=2 di tabel "customers" tidak memiliki pasangan di tabel "orders", sehingga nilai kolom di tabel "orders" diisi dengan NULL. Begitu pula dengan baris dengan order_id=4 di tabel "orders", yang tidak memiliki pasangan di tabel "customers", sehingga nilai kolom di tabel "customers" diisi dengan NULL.

Nah , Mungkin sampai sini dlu penjelasan mengenai materi FULL OUTER JOIN , thank youuu 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Java ?

Apa itu Git?

Apa itu TCL?